Minggu, 02 Juni 2013

Pemandian air panas alami @Pematang Buluh Kec. Betara Kab. Tanjab Barat - Jambi

Pemandian air Panas alami ini terletak di samping Masjid Baiturrahman Dsn. Pematang Buluh Desa Pematang Buluh Kec. Betara Kab. Tanjab Barat - Jambi.

Untuk menuju ke sana baik dari Jambi maupun Kuala Tungkal kita bisa masuk melalui Betara 10 (arah ke Sri Menanti) - Lalu sekira 500m kita belok ke kiri arah ke Dsn. Pematang Buluh - sekira 100m kita akan melihat gapura pipa gas sebelah kanan dan masuk ke dalam - dari situ kita bisa mengikuti jalan tanah dan nanti di dalamnya sdh ada jln aspal dan sekira 500m kita sdh sampai di Pemandian air panas Pematang Buluh.

Konon ceritanya menurut masy sekitar, air panas yg terdapat disamping masjid Baiturrahman Pematang Buluh ini ditemukan sekira bln Oktober thn 2012 dan sampai saat ini cukup dikenal masy luas dikarenakan air panas nya alami dan mengandung belerang, sehingga banyak Pengunjung yg memanfaatkanya sebagai alternatif liburan keluarga maupun sebagai alternatif pengobatan seperti dapat menyembuhkan penyakit gatal, jerawat dan penyakit kulit lainnya. Bahkan ada sebagian kepercayaan masy bahwa air panas alaminya dapat menyembuhkan kelumpuhan dan membawa tuah ajaib lainnya.

Dilingkungan pemandian air panas kita dapat menemukan deretan warung - warung yg menjual berbagai makanan dan minuman ringan serta macam2 souvenir khas pemandian air panas. Untuk pemandiannya sendiri ada 2 tempat khusus untuk laki - laki dan perempuan. Air dipemandiannya jika baru pertama mencoba akan terasa hangat sekali dan cukup bersih jika hari - hari biasa, tetapi jika hari libur atau minggu dikarenakan padatnya pengunjung kita akan menemukan sampah beberapa sampah plastik berserakan, maklum saja tempat pemandian air panas ini dikelola oleh masy setempat dan tdk dpungut biaya als gratis, hanya disediakan kotak wakaf seikhlasnya untuk kepentingan pembangunan Masjid dan Kebersihan lingkungan Masjid dan Pemandian air panas.

Saya sekeluarga memanfaatkan Pemandian air panas ini sebagai sarana alternatif liburan, karena selain jarak tempuhnya yg cukup dekat dan juga hemat, kita juga bisa sekaligus memberikan edukasi kepada anak2 tentang Kebesaran Allah SWT karena Pematang Buluh dulunya merupakan Dusun tertinggal yang pendapatan masyarakatnya sangat minim. Saat ini karena ditemukannya sumber air panas alami mereka bisa membangun Masjid dan masy sekitar juga dapat memperoleh Rezeki dari berjualan, menjaga parkir, dsb serta tentunya saat ini Pemerintah Kabupaten mulai memperhatikan Dusun Pematang Buluh tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar